SMK Utama
SMK Utama

Pelaksanaan Ujian TOEIC 2020 di SMK Utama AL Jabal Nur Samboja

 

Program Fasilitasi Ujian Sertifikasi Internasional Kemampuan

Bahasa Inggris dengan TOEIC dari Direktorat SMK

Telah Memasuki Tahap Pelaksanaan Ujian TOEIC

TOEIC VIERA 2020
TOEIC VIERA 2020 SMK UTAMA AL JABAL NUR SAMBOJA

 

Pemerintah melalui Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan (DSMK) membuka peluang bagi SMK di seluruh Indonesia untuk memperoleh bantuan sertifikasi internasional melalui program SMK English Challenge 2020—Fasilitasi Ujian Sertifikasi Internasional Kemampuan Bahasa Inggris dengan TOEIC bagi Siswa SMK. Program tersebut telah dilaksanakan sejak tahun 2016 dengan cakupan quota penerima program yang meningkat dari tahun ke tahun dengan harapan akan lebih banyak siswa SMK di Indonesia yang tersertifikasi secara internasional dan dapat merasakan manfaatnya saat nanti sudah terjun di dunia kerja.

SMK Utama Al Jabal Nur Samboja telah mengikutsertakan sebanyak 50 siswa untuk mengikuti seleksi VIERA dan yang diumumkan lolos seleksi ada sejumlah 10 siswa.  Sebelum para siswa menjalankan ujian  bahasa Inggris internasional dengan TOEIC, ada periode Pembelajaran yang diberikan oleh tim Fasilitasi Sertifikasi TOEIC selama kurang lebih satu bulan.  Kami para guru sebelumnya juga diberikan Bimbingan Teknis terkait cara mengajar TOEIC yang efektif ke siswa. Selama periode Pembelajaran, siswa bisa mengikuti sesi video conference dengan ETS Approved Facilitator—Ibu Hafilia dan tim melalui webex dan live streaming YouTube. Paket materi pembelajaran dan persiapan TOEIC juga diberikan dalam bentuk materi Google Classroom dan TOEIC Practice Book-Digital Version agar siswa-siswa kami siap menghadapi ujian.

Pada tanggal 03 November 2020, SMK Utama Al Jabal Nur Samboja melaksanakan Sertifikasi TOEIC bagi siswa kami yang lolos seleksi. Persiapan gelombang awal, terdiri dari 10 siswa dan yang lolos 5 siswa. Akan tetapi, setelah beberapa hari dari pengumuman hasil tes VIERA  gelombang 1. Kami kembali dihubungi dari pihak SMK Direktorat mengenai informasi diadakannya tes VIERA gelombang ke-2 yang ditujukan kepada seluruh siswa kelas XI dan XII untuk mengikuti tes VIERA tersebut. Pada tahap ini, kami mengikutsertakan siswa sebanyak 40 siswa dan lolos 5 siswa. Jadi, total keseluruhan siswa SMK Utama Al Jabal Nur Samboja yang lolos untuk mengikuti tes TOEIC adalah 10 siswa. Siswa yang lolos tersebut diarahkan untuk mengikuti pembelajaran dengan pihak SMK Direktorat selama 1 bulan disetiap gelombang.

Pengalaman selama pelaksanaan, diawali dengan sosialisasi panduan instalasi TOEIC CBT bagi siswa oleh Tim IT sekolah. Salah satunya adalah demo tentang Instalasi Aplikasi yang digunakan pada tes TOEIC tersebut. Pada tahap ini, ada beberapa siswa yang terkendala proses masuk (login). Dimana Authorization Code tidak valid, karena perbedaan waktu pada perangkat yang digunakan. Setelah penyampaian sosialisasi panduan instalasi TOEIC CBT, siswa diarahkan untuk gladi bersih menggunakan aplikasi tersebut melalui fitur demo yang disediakan aplikasi.

Selama mengerjakan soal TOEIC semua berjalan lancar. Namun, ketika mengumpulkan hasil tes file CRC, ada beberapa siswa yang file CRC-nya  tidak muncul di desktop siswa. Namun, setelah membaca panduan dan koordinasi dengan admin ITC. Maka, masalah tersebut bisa teratasi.

Pertama kali saya mendapatkan informasi tentang beasiswa sertifikasi TOEIC, kami sangat tertarik untuk mengikuti tes tersebut. Karena dapat mengasah kemampuan Bahasa Inggris para siswa di bidang Bahasa Inggris terutama di bidang pekerjaan yang sesuai dengan jurusan di SMK Utama Al Jabal Nur. Dan harapan kami, mengenai program ini kedepannya dapat melaksanakan kembali tes TOEIC untuk tahun-tahun selanjutnya.




 

 

Pelaksanaan Ujian TOEIC 2020 di SMK Utama AL Jabal Nur Samboja Pelaksanaan Ujian TOEIC 2020 di SMK Utama AL Jabal Nur Samboja Reviewed by IP Admin on 5:10:00 PM Rating: 5

No comments: